Thursday 15 June 2017

SECRET OF ISLAMIC MONTHS



















1. Muharram محرم
Setelah 1 Muharram seluruh amal baik dan buruk kita di angkat oleh Allah SWT. amal baik di angkat oleh Allah SWT kelangit dan amal buruk diturunkan kembali kebumi tepatnya di lautan, karena lautan tidak bisa sepenuhnya menerima amal buruk maka dimuntahkan oleh lautan amal buruk tersebut sehingga menjadilah amal buruk itu berbagai macam keburukan, hewan melata, bencana alam dan lain-lain. Sesuai dengan Firman Allah SWT :

2. Safar سفر
Allah SWT banyak sekali menurunkan balak dan bencana serta keburukan pada bulan Safar, tepatnya pada hari (Rabu) terakhir bulan Safar. Hal ini juga di sepakati oleh para ulama ambiya dan para tabi' tabi'in bahwa pada hari Rabu adalah sebagai hari bencana. Sesuai dengan firman Allah SWT :

3. Rabiul Awal ربع الاؤل

4. Rabiul Akhir ربع الاخر

5. Jumadil Awal جمادالاؤل

6. Jumadil Akhir جمادالاخر

7. Rajab راجب
Pada bulan Rajab terdapat kelebihan yang tidak dimiliki pada bulan-bulan Islam lainnya, kelebihannya yaitu ada pahala Puasa Sunnah dan Istigfar rajab. Dan satu lagi peristiwa besar yang mesti kita harus ketahui yaitu peristiwa Isra' dan Mi'raj Nabi Besar Muhammad SAW.

8. Sya'ban شعبان
Bulan Sya'ban ini terkenal dengan Puasa Sunnahnya atau sering yang kita sebutkan dengan puasa Nisfu Sya'ban yang biasa dilakukan pada pertengahan Bulan Sya'ban.

9. Ramadhon رمضان
Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Ramadhan, dari segi namanya kita sudah paham bahwa sebagai seorang muslim yang taat ketika datang bulan Ramadhan maka berlomba-lombalah kita untuk melaksanakan seluruh perintah Allah dan meninggalkan seluruh larangan Allah SWT. Terdapat satu amalan WAJIB yang tidak didapatkan pada bulan-bulan Islam lainnya yaitu tentu saja Puasa Ramadhan yang dilaksanakan hampir satu bulan penuh. Pada bulan Ramadhan juga terdapat satu rahasia besar yang dimana ketika kita bisa mendapatkannya maka seluruh amalan-amalan baik yang kita lakukan akan diperhitungkan oleh Allah SWT sebagai lebih baik dari pada seribu bulan atau sering kita sebut dengan malam Lailatu Qodar.

10. Syawal سوال
Bulan ini adalah sebagai bonus yang didapatkan oleh umat muslim terutama setelah melaksanakan ibadah puasa Ramadhan yang penuh dengan pengorbanan untuk menahan diri dari lapar dan dahaga selama satu bulan penuh. Pada bulan Syawal kita disunnahkan untuk melakukan suatu ibadah puasa sunnah selama 6 hari yang dimana jika kita mengerjakannya akan diampuni dosa-dosa kita setahun yang lalu maupun yang akan datang. Sesuai dengan firman Allah SWT :

11. Dzulqaidah ذالقعدة

12. Dzulhijah ذالحجه



 To be continued...

No comments:

Post a Comment